Super Kawaii Cute Cat Kaoani

Selasa, 03 Desember 2024

Saham Bank Besar Bangkit, Tersengat Potensi Window Dressing?

Jakarta, CNBC Indonesia - Mayoritas saham perbankan besar terpantau bangkit dan bergairah pada perdagangan sesi I Selasa (3/12/2024), di tengah optimisme pasar akan adanya fenomena window dressing yang bakal terjadi di Desember 2024.

Hingga pukul 12:00 WIB, terpantau sepuluh saham perbankan berkapitalisasi pasar besar (big cap) cerah bergairah, dengan delapan saham berhasil melesat lebih dari 1% dan dua saham menguat kurang dari 1%.

Saham perbankan Himbara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) menjadi yang paling kencang penguatannya di sesi I hari ini yakni mencapai 3,75% ke posisi Rp 6.225/unit.

Sedangkan saham PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) menjadi yang paling minor penguatannya pada sesi I hari ini yakni menguat 0,41% menjadi Rp 1.225/unit.

Berikut pergerakan saham bank raksasa pada sesi I hari ini.

Saham perbankan rebound setelah kemarin merana dan dalam beberapa hari terakhir cenderung volatil. Bangkitnya saham perbankan besar terjadi karena pasar optimis bahwa fenomena window dressing bakal terjadi di Desember 2024.

Pasar modal biasanya akan memasuki musim window dressing jelang akhir tahun. Secara garis besar, window dressing merupakan strategi yang digunakan oleh suatu perusahaan dan manajer investasi untuk menarik investor, yakni dengan cara mempercantik laporan atau kinerja keuangan dan portofolio bisnis yang dimilikinya.

Bahkan secara historis, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) seringkali mencatatkan kinerja positif pada Desember, sehingga karena saham perbankan menjadi saham penopang terbesar IHSG, maka potensi bangkitnya saham perbankan di Desember cukup besar.

Efek dari strategi tersebut biasanya tidak hanya berlangsung pada akhir kuartal tiap tahun-nya. Akan tetapi bisa berlanjut ke bulan bulan setelah-nya yang juga dikenal sebagai January Effect, dengan catatan kondisi makro ekonomi juga semakin mendukung.

Kini investor hanya berharap akan adanya window dressing yang dapat mendorong pasar menjadi lebih ramai dan bergairah. Fenomena ini biasanya terjadi pada akhir tahun, terutama pada Desember atau awal tahun seperti Januari.

CNBC Indonesia Research



Berita ini dikutip dari : CNBC
Chandra Dwi, CNBC Indonesia
03 December 2024 12:52

0 comments:

Posting Komentar